Renungan Harian Kristen Tentang Kesabaran Terbaru 2022

Renungan Harian Kristen Tentang Kesabaran – ketika menjalani kehidupan ini kita pasti tidak akan pernah terlepas dari rasa marah, kesal dan tidak sabar. Semua perasaan tersebut akan membawa dampak negative kedalam hidup kita jika kita membiarkannya.

Apakah kehidupanmu ingin dihantui perasaan-perasaan seperti itu? Tentu saja tidak, untuk itu kita harus melatih diri agar bisa sabar dalam setiap keadaan. Memang kita tidak bisa menghindar dari keadaan buruk yang akan menimpa kehidupan kita.

Yang bisa kita lakukan adalah dengan melatih kesabaran ketika sedang menghadapi sebuah masalah. Semua orang Kristen pasti bisa melatih kesabaran, karena kita memiliki Tuhan Yesus yang sangat sabar kepada semua orang.

Agar kesabaran kita semakin terlatih mari kita membaca renungan harian Kristen tentang kesabaran terbaru 2022 yang ada di bawah ini.

Kumpulan Renungan Harian Kristen Tentang Kesabaran Terbaru 2022 

Melatih Kesabaran 

Ayat Bacaan : Amsal 16 : 1 – 33

“Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.”  Amsal 16:32

Saat ini semua orang menyukai semua hal yang instan. Dalam hal makanan, orang lebih memilih makanan cepat saji (fast food) daripada bersusah payah memasak. Dalam hal pekerjaan, Anda ingin cepat mendapat pekerjaan besar, gaji besar, promosi cepat, dll.

Semua yang diinginkan, kini, jika memungkinkan, tidak perlu usaha, tidak perlu usaha mati-matian, tidak perlu merasakan beratnya proses. Sebenarnya tidak banyak orang yang sabar menunggu, sabar menjalani proses.

Kesabaran adalah ujian iman! Saat kita menghadapi situasi atau situasi yang sulit, apakah kita memiliki kesabaran untuk menunggu pertolongan Tuhan? Atau apakah kita kehilangan diri kita sendiri dan berpaling dari Tuhan untuk mencari pertolongan lain? Kesabaran adalah salah satu buah Roh yang harus dimiliki orang percaya (Galatia 5:22).

Tidak mudah bagi kita untuk bersabar: bersabar dengan suami yang kasar, bersabar dengan istri yang sangat kesal, bersabar dengan anak yang nakal… apalagi bersabar, menunggu jawaban doa Tuhan, untuk bersabarlah dengan kami.

untuk sabar menunggu penggenapan janji Tuhan dalam hidup ini. Nabi Habakuk menegaskan: “Karena penglihatan masih menunggu waktunya, tetapi terus-menerus tergesa-gesa sampai akhirnya; jika tertunda, tunggu, karena pasti akan datang dan tidak akan tertunda.” (Habakuk 2:3).

Menunggu sesuatu yang kita inginkan terkadang sangat bermanfaat dan membutuhkan kesabaran ekstra, sehingga kita harus melatih diri untuk bersabar dalam segala situasi.

Saul, karena mengalami ketakutan ketika melihat tentara Filistin, dengan tidak sabar menunggu pertolongan Tuhan dan kemudian berlari mencari bantuan dari roh-roh (1 Samuel 28 : -7).

Bukankah hanya sedikit orang Kristen yang melakukan itu? Dengan tidak sabar, kami menunggu aksi Tuhan, kami berlari mencari pertolongan lain. Sebaliknya, Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang dapat melakukan apapun yang kita pikirkan.

Bersabarlah ketika sedang  menantikan sesuatu, karena memang waktu Tuhan itu yang terbaik.

Menjadi Orang Kristen Yang Sabar

Di dalam kolose 3 : 13 kita diajarkan untuk selalu sabar kepada seorang terhadap yang lain, dan kita juga harus mau mengampuni seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, karena kita harus melihat bahwa Tuhan telah mengampuni kita, untuk itu kita harus melakukan hal yang demikian.

Saat ini sangat sulit menemukan orang yang bisa bersabar. Karena banyak orang cenderung terburu-buru, ingin segera dan terburu-buru melakukan sesuatu, dan ketika ada masalah dan kesulitan, saya lebih sering berpikir bahwa saya hanya mendengarkan nasihat dari “pasien” dll. Memang, apa itu kesabaran?

Kesabaran adalah ketenangan ketika menghadapi sebuah pencobaan. Dimana ini adalah kebalikan dari kemarahan dan emosi yang salah tempat. Kesabaran adalah kemampuan menahan diri dalam situasi sulit, bersikap tenang, tegas, tidak tergesa-gesa atau terlalu bernafsu. Ketika orang marah atau menyakiti kita, kita tidak berpikir untuk membalasnya, itulah yang disebut kesabaran.

Jadi apa bedanya kita dengan orang-orang dunia? Sebagai orang Kristen, kita harus sabar dan mengasihi satu sama lain. Karena kesabaran adalah bagian dari cinta, dan kekristenan identik dengan cinta.

Silahkan kamu baca dalam kitab (1 Korintus 13:4) tentang kesabaran.

Kesabaran juga merupakan bagian dari buah Roh yang harus selalu bersinar dalam kehidupan orang percaya. Jika kita mengaku  Kristen tetapi tidak memiliki sikap sabar,  kita harus bertobat. Karena dengan sabar kamu bisa melihat hal positif meski di tengah kesulitan.

Bukankah banyak orang Kristen yang tidak sabar menerima pertolongan  Tuhan dan  akhirnya merasakan berkat-Nya? Karena kesabaran adalah kunci  hubungan kerja yang baik. Pertengkaran dan permusuhan sering muncul ketika pihak lain tidak sabar dan emosional.

Baca alkitab (Amsal 15:18) dan (Pengkotbah 10:4).

Akhir Kata

Sabar itu penting bagi setiap orang untuk itu kita bisa melatih kesabaran dengan membaca renungan harian Kristen tentang kesabaran setiap hari. Karena dengan menghadapi masalah dengan perasaan sabar, kita bisa terhindar dari resiko yang akan membahayakan orang lain dan diri kita.

Misalnya, ketika seseorang marah kepada kita, kita tidak dapat mengendalikan emosi kita dan membalas dendam, tetapi pertengkaran itu tidak pernah berakhir. Hal lain lagi, jika kita sabar, orang ini tidak mau mengganggu kita lagi.

Pentingnya kesabaran juga dibahas dalam beberapa ayat emas dalam Alkitab tentang kesabaran. Di mana beberapa ayat secara tidak langsung menjelaskan bahwa orang yang dapat mengendalikan emosinya memiliki kedudukan yang tinggi di hadapan Tuhan.

Ayat-ayat Alkitab ini melahirkan beberapa renungan haria Kristen tentang kesabaran yang dapat kita baca atau dengarkan untuk lebih memahami kesabaran yang digambarkan di dalamnya

Tinggalkan komentar